Pengabdian Masyarakat Hantarkan Pustakawan UK Petra Juara 1 Nasional

November 17, 2015
Pengabdian Masyarakat Hantarkan  Pustakawan UK Petra Juara 1 Nasional

Saat ini mulai bermunculan karya anak bangsa yang membanggakan. Setelah kemarin mahasiswa yang unjuk gigi, kini giliran tenaga kependidikan UK Petra yang berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) pada 26-28 Oktober 2015 yang lalu di Jakarta. Ialah Chandra Pratama Setiawan, S.IIP yang berhasil menyabet gelar juara 1 Pustakawan Berprestasi Nasional. Apa yang Chandra lakukan sehingga berhasil mengalahkan para pustakawan dari universitas lainnya?

Proses yang dilalui Pustakawan UK Petra sejak tahun 2010 ini cukup panjang, ia harus melalui tahap seleksi di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) 7 wilayah Jawa Timur terlebih dahulu baru kemudian maju dalam seleksi tahap nasional. “Saya harus bersaing dengan 296 Pustakawan dari seluruh Indonesia baik dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk disaring menjadi 15 peserta saja di Hotel Sahid Jaya, Jakarta Oktober lalu”, ungkap pria yang saat ini sedang melakukan studi di Nanyang Technological University-Singapura tersebut. Untuk masuk dalam 15 besar, sebenarnya seleksi yang dilalui hampir sama dengan saat seleksi regional. Setiap peserta diminta membuat CV, karya yang diunggulkan dan karya tulis apa saja yang pernah dipublikasikan baik level regional maupun regional. Uniknya, dalam karya unggulan ini, Chandra menuliskan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Perpustakaan UK Petra. Tak banyak Perpustakaan melakukan hal ini, kebanyakan hanya membahas pendidikan dan penelitian saja. “Perpustakaan adalah bagian dari universitas yang menjunjung nilai tridarma perguruan tinggi sehingga dapat mengambil bagian dalam Pengabdian Masyarakat. Salah satunya yang Perpustakaan UK Petra lakukan dengan menanamkan minat baca kepada anak-anak dan profesi pustakawan melalui beberapa program yang mengajak siswa PAUD, TK hingga SD untuk bermain – main di perpustakaan seperti panggung boneka”, rinci Pria berkacamata minus ini. Selain itu, para peserta diberikan studi kasus dan diminta mempresentasikan solusinya secara berkelompok.

Tak sia – sia usaha Chandra, ia berhasil menyabet juara pertama dan mendapatkan hadiah, akan tetapi ia merasa kompetisi ini bukan mengenai hadiahnya. “Sebuah kesempatan yang diberikan pada saya untuk berkembang lebih baik lagi itu lebih penting dari semuanya, institusi telah membantu banyak hal sejak awal mula saya bekerja di UK Petra ini. Hal ini merupakan kesempatan yang luar biasa. Dukungan yang diberikan pimpinan pun tak hentinya saya terima,” tutup Chandra.     



Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : 2983190-3194