Press Release

Unik, Tumpukan Ban Menjulang di Perpustakaan UK. Petra

13 Desember 2016

Ada yang unik di ruang pamer Perpustakaan Universitas Kristen Petra (U.K. Petra) hari Rabu tanggal 14 Desember 2016. Sebuah pohon natal yang terbuat dari berbagai ban mobil dan motor tersusun dengan cantiknya hingga 15 Januari 2017. Setiap lekuk ukiran pada badan ban tampak dengan jelas terlihat yang dipercantik dengan warna cat emas. Tak lupa juga dilengkapi dengan hiasan-hiasan natal agar semakin meriah. “Pohon natal unik ini dirancang dan dibuat oleh dosen UK. Petra bernama Ir. Titien Wahono. Setiap detail dalam rancangan ini memiliki arti yang mendalam. Pohon natal ban ini mencerminkan kehidupan umat Kristiani di dunia yang disadari tiga hal yaitu iman, pengharapan dan kasih.” ungkap Dian Wulandari, S.IIP. selaku Kepala Perpustakaan UK. Petra di ruang kerjanya.

Menghadirkan suasana dan semangat Natal yang selalu baru bagi para pengunjung, inilah keinginan Perpustakaan UK. Petra. Jika dicermati, tampak terlihat dengan jelas badan ban dalam pohon natal tersebut sengaja dibuat berukit-ukir agar mempunyai daya cengkeram yang kuat sehingga tidak mudah tergelincir, sebagaimana iman dalam kehidupan manusia. Bukanlah hiasan, akan tetapi sebagai pegangan hidup yang kokoh demi mencapai keselamatan. Pengharapan manusia akan keselamatan juga digambarkan dari sifat ban, yang bila makin lama dipakai makin menipis maka perlu diperbarui. Pengharapan manusia pun sering kali menipis akibat kejenuhan sehingga memerlukan pembaharuan dengan refleksi serta introspeksi diri, salah satunya melalui peringatan kelahiran Yesus Kristus sang Juru Selamat. Sifat dari kasih Kristiani yang tak memegahkan diri dan rela berkorban juga tergambar dari keberadaan ban, selalu di bagian paling bawah dari kendaraan yang membuat badannya akan habis tergerus demi tugas memikul seluruh penumpang agar sampai ke tujuan dengan selamat.

Tak ingin menyia-nyiakan pemandangan unik ini? Para pengunjung Perpustakaan UK. Petra diberikan kesempatan Photobooth secara Gratis esok Rabu, 14 Desember 2016 di Ruang Pamer Perpustakaan UK. Petra di Gedung Radius Prawiro lantai 6 kampus UK. Petra mulai pukul 11.00-15.00 WIB. Kesempatan terbatas loh…

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

·         Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 2983190-3194

  • Dian Wulandari, S.IIP. (08123016131)
Press Release

Internasional Vaganza 2016, Atraksi Mahasiswa dari 6 Negara

4 November 2016

Terlihat sejumlah 14 mahasiswa asing dari 6 negara yang berbeda berbaur  bersama mahasiswa Indonesia dalam kegiatan bertajuk International Vaganza 2016 Fantasix pada hari Jumat, 4 November 2016 mulai pukul 13.00-16.00 WIB di Atrium Gedung Radius Prawiro kampus U.K. Petra Surabaya. Kegiatan tahunan yang diusung oleh Biro Administrasi Kerja sama dan Pengembangan (BAKP) U.K. Petra ini sengaja digelar bagi para sivitas akademika U.K. Petra. “Selain kami ingin memperkenalkan aneka budaya dari Negara-negara asal para mahasiswa asing yang sedang belajar di U.K. Petra juga untuk menyegarkan kembali pengetahuan sekaligus berbagi pengalaman keuntungan mengikuti program kerjasama internasional yang ada di kampus ini. Diantaranya Student Exchange, Summer Program dan Join atau Double Degree”, ungkap Meilinda, S.S., M.M selaku Kepala BAKP U.K. Petra Surabaya. Ada kurang lebih 50 orang mahasiswa UK Petra yang tergabung dalam Petramate turut serta terlibat kegiatan ini. Petramate adalah kelompok sukarelawan mahasiswa UK Petra yang mendampingi mahasiswa asing untuk dapat beradaptasi lebih cepat di Surabaya. Selain itu teman- teman Petramate juga belajar tentang komunikasi lintas budaya untuk mengasah kemampuan mereka bersaing secara global.

Korea Selatan, Belanda, Mesir, Jerman, Thailand dan Italia itulah keenam Negara mahasiswa asing yang akan unjuk kebolehan dalam Internasional Vaganza 2016 Fantasix. Akan ada beragam kegiatan diantaranya booth makanan tradisional dari masing – masing Negara, penampilan dari mahasiswa asing hingga booth informasi dari kerjasama internasional yang ada di U.K. Petra. “Masing-masing Negara mendapatkan kesempatan kurang lebih waktu sebanyak 8 menit untuk menampilkan sesuatu. Baik itu menari, menyanyi dalam bahasa Indonesia, presentasi pengenalan negaranya, permainan hingga demo memasak sederhana makanan khas negaranya”, urai Ivana selaku ketua panitia acara ini.

Para mahasiswa Korea Selatan menampilkan dance serta menyajikan mie Samyang, sebuah makanan yang berbahan dasar mie dengan rasa yang pedas. Negara Belanda akan demo memasak poffertjes, kue tradisional yang renyah kecil dan manis serta mengajak sivitas bermain mainan khas Belanda. Di tengah hawa yang dingin-dingin saat ini, mahasiswa asal Mesir akan menyajikan Egytian Lentils Soup. Uniknya mahasiswa Mesir akan menyanyikan lagu dalam bahasa Indonesia. Tak ketinggalan dua mahasiswa Jerman akan membuat Pretzel, kue dengan rasa asin dan sedikit manis. Mereka juga akan menampilkan drama singkat serta presentasi negaranya. Mahasiswa asal Thailand akan menyajikan Green Papaya Salad dan mempresentasikan tempat wisata di Bangkok. Mahasiswa Italia akan mendemokan makanan Cold Pasta, yang berisi makanan segar yang disajikan dengan saus itali.

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

·         Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 031-2983190-3194

  • Meilinda, S.S., M.M (081217434488)
  • Ivana (Ketua Panitia) : 081803071313
Press Release

Mahasiswa Asing Program Darmasiswa Di UK Petra

30 September 2016

Universitas Kristen Petra (UK Petra) menerima lima (5) mahasiswa asing program beasiswa Darmasiswa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri. Kelima mahasiswa ini berasal dari Negara Italia, Korea Selatan dan Thailand. DARMASISWA merupakan program beasiswa non-gelar satu tahun yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia untuk semua mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar Bahasa Indonesia, seni, musik, kerajinan, dan topik tertentu di beberapa Perguruan Tinggi Indonesia yang dipilih di berbagai kota di Indonesia.

“Sejak 2010, UK Petra dipilih oleh pemerintah Indonesia untuk mendapat mandat menjadi tuan rumah para mahasiswa asing beasiswa Darmasiswa ini. UK Petra memiliki program Indonesian Spectrum dibawah Departemen Mata Kuliah Umum yang  menitikberatkan peminatan di bidang bahasa Indonesia dan budaya Indonesia, sehingga kami mempunyai tim khusus dan kurikulum BIPA dalam proses pembelajaran para mahasiswa asing program Darmasiswa ini”, ungkap Meilinda, S.S., M.M selaku Kepala Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) UK Petra. Para mahasiswa Darmasiswa ini memulai aktivitasnya belajar di UK Petra sejak 5 September 2016 yang lalu. Beragam kegiatan telah disusun, diantaranya Making Batik in Canvas Bag pada hari Rabu, 28 September 2016 mulai pukul 10.00-11.30 WIB dan 13.30-15.30 WIB di Laboratorium Bahan Program Studi Desain Interior UK Petra. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa asing ini diajak untuk lebih mengenal salah satu budaya Indonesia yaitu Batik di atas media selain kain. Minggu lalu, mereka belajar batik di atas media topeng. Dengan dipandu oleh Andereas Pandu Setiawan, S.Sn., M.Sn seorang Dosen Program Studi Desain Interior UK Petra, kelima mahasiswa Darmasiswa ini sebelumnya belajar secara teori teknik membatik sebelum mengaplikasikannya. Mengapa batik? Batik ini mempunyai filosofi yang sangat Indonesia, ada proses dan ceritanya. Masing-masing motif batik mempunyai filosofinya tersendiri dan filosofi ini mewakili nilai masyarakat Indonesia. Dengan belajar batik sebenarnya mahasiswa internasional bukan hanya belajar proses dan motif tapi pemikiran pemikiran di balik proses dan seni batik itu sendiri. Pemahaman atas pemikiran – pemikiran ini yang membuat mahasiswa asing mengenal budaya dan pola pikir masyarakat kita untuk lebih dekat. “Hasil kreasi ini dapat mereka bawa pulang ke Negara asalnya sehingga harapannya para mahasiswa asing ini akan menyebarkan kisah yang positif tentang Indonesia ke negara asalnya. UK Petra mempunyai Laboratorium Batik, dengan pengajar yang menekuni Batik baik dalam bentuk karya baru maupun penelitian keilmuan sehingga sangat pas jika dikenalkan pada mahasiswa asing ini”, ungkap Meilinda lebih lanjut.

    Kelima mahasiswa ini adalah Aniello Iannone L yang berasal dari University of Naples L’Orientale (Italia), Lee So Yeong P dan Song Yu Jeong P asal Hankuk University of Foreign Studies (Korea Selatan), Bassoree Wani asal Yala Rajabhat, University Muang District (Thailand) dan Jiraphat Sirichon asal Walailak University (Thailand).

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : 2983190-3194

  • Meilinda, S.S., M.M selaku Kepala BAKP UK Petra (081217434488)
Press Release

Research Week dan Festival SL sambut Dies Natalis UK Petra ke-55

16 September 2016

Dalam dunia pendidikan, menghasilkan riset penelitian merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Akan tetapi, satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah mempublikasikannya untuk kemudian dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat. Menyambut Dies Natalis UK Petra ke-55, Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) UK Petra menggelar Research Week dan Festival Service Learning (SL) yang bekerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UK Petra. Acara ini digelar mulai hari Senin-Jumat, 19-23 September 2016 di kampus UK Petra, Surabaya.

“Mengambil tema Fostering Community Empowerment: Engaging Applied Research and Service-Learning, dua agenda ini diselenggarakan bertujuan untuk mendorong hasil-hasil penelitian, abdimas dan karya Service Learning (SL) dosen dan mahasiswa untuk terus dikembangkan dalam rangka membawa kemajuan nyata bagi pemberdayaan masyarakat dan bangsa. Semua kegiatan ini berfokus pada tiga penelitian UK Petra yaitu sustainable engineering, budaya & masyarakat, serta ekonomi kreatif”, urai Dr. Juliana Anggono selaku Kepala LPPM UK Petra. Research Week ini terdiri dari dua kegiatan yaitu seminar penelitian serta Research Talk dan pameran poster. Seminar penelitian ini akan dilaksanakan hari Senin, 19 September 2016 di Ruang Konferensi 4 Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra dengan menghadirkan E. G. Manurung, Ph. D selaku Ketua Badan Pengawas Forest Watch Indonesia sekaligus Penasehat Menteri Kehutanan tahun 2006-2009. Seminar pertama mengangkat tema Community Development in Toba – North Sumatera: Integrated Farming System with Zero Waste++ mulai pukul 10.00-11.30 WIB dan kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00-15.30 WIB dengan tema Pemanasan Global, Perubahan Iklim: Dampaknya terhadap Negara Kepulauan Indonesia dan Apa Respons Kita?. Sementara itu, hasil penelitian berupa poster dari masing-masing Program/Program Studi yang ada di UK Petra akan dipamerkan selama lima hari mulai tanggal 19-23 September 2016 mulai pukul 09.00 WIB di Atrium UK Petra. Sedangkan Research Talk akan dilaksanakan pada hari Jumat, 23 September 2016 di Ruang Konferensi 4 Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra menghadirkan dua pembicara internal yang akan sharing bagaimana hasil penelitian diarahkan menjadi Pengabdian Masyarakat. Kedua pembicara ini adalah Prof. Lilianny S. Arifin, Ph.D. selaku guru besar Program Studi Arsitektur UK Petra dan Dr. Willyanto Anggono selaku dosen Program Studi Teknik Mesin UK Petra.

“Festival of Service-Learning ini digelar untuk menyambut 6th Asia Pasific Regional Conference on Service-Learning (SL) yang akan digelar tahun depan. Kegiatan ini sendiri terdiri dari Mini Simposium, pameran karya SL dan Workshop”, ungkap Dr. Juliana Anggono yang juga mengajar di Program Studi Teknik Mesin UK Petra. Mini Simposium akan dilaksanakan hari Selasa, 20 September 2016 mulai pukul 13.30-16.00 WIB di Ruang Konferensi IV, Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra. Mendatangkan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen tersebut akan menghadirkan tiga pembicara yaitu Christine Wonoseputro, S.T., M.A.S.D. yang juga dosen dari Program Studi Arsitektur UK Petra, Felecia, S.T., M.Sc. merupakan dosen dari Program Studi Teknik Industri UK Petra serta Daniel Budiana, S.Sos., M.A merupakan dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra. Pameran karya SL yang dipamerkan mulai hari Selasa-Jumat tanggal 20-23 September 2016 di Atrium UK Petra itu akan menghadirkan produk-produk SL dari para dosen dan mahasiswa yang ada di UK Petra. Adapun produk-produknya seperti poster, foto, karya desain, buku, desain kemasan dan masih banyak lainnya. Workshop SL akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai hari Selasa-Jumat, 20-23 September 2016 di Ruang Konferensi IV gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra. Tiga hari workshop SL ini akan mendatangkan Judy Yeh., P.h.D berasal National Sun Yat-Sen University-Taiwan dengan tiga topik yang berbeda tiap harinya.

Press Release

UK Petra ikut serta dalam Konferensi UN Habitat 3: Inclusive Building, Regerating Kampung dan Kompetisi Beauty of Indonesia

22 Juli 2016

Surabaya patut berbangga hati. Tak lama lagi, tepatnya pada tanggal 25 – 27 Juli 2016 yang akan datang menjadi jujugan para tamu seluruh dunia dalam acara Preparatory Committee (PrepCom) 3 for Habitat 3 yang digelar oleh UN Habitat (salah satu badan Perserikatan Bangsa-bangsa bergerak di bidang pemukiman dan pembangunan kota berkelanjutan). Dalam rangka menyambut kegiatan PrepCom 3 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah bekerjasama dengan banyak pihak salah satunya Universitas Kristen Petra. UK Petra terlibat dalam dua agenda kegiatan parallel event yaitu Inclusive Building and Urban Parks in Surabaya Trip yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2016 dan Regenerating Kampung pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Seperti apa kunjungan kegiatan ini? Simak penjelasannya berikut

 

  • Inclusive Building and Urban Parks in Surabaya Trip

Dalam kunjungan ke gedung sekolah SMPLB-A YPAB di Jl. Gebang Putih No 5 Surabaya dan Taman Bungkul di Jl. Darmo Surabaya tersebut ternyata berhasil menarik hati peserta UN Habitat. Pasalnya mereka diajak untuk menilik langsung hasil perbaikan fisik fasilitas sekolah yang semakin memudahkan bagi para siswa disabilitas di sekolah tersebut dan ikut merasakan fasilitas taman di Surabaya yang mulai memperhatikan para disabilitas. “Perjalanan ini kami rancang sebab kota yang berkelanjutan harus mampu memfasilitasi kebutuhan semua orang termasuk para penyandang disabilitas. Maka dari itu, kami ingin sharing apa yang ada di Kota Surabaya ini sehingga harapannya bias ditetapkan diseluruh dunia mengenai bangunan inklusif. Sehingga ketika mendesain kota perlu melibatkan para penyandang disabilitas”, ungkap Gunawan Tanuwidjaya, M.Sc. selaku koordinator kunjungan Bangunan Inklusif dan Taman Kota di Surabaya tersebut.

Tercatat 40 peserta yang akan mengikuti perjalanan ini, salah satunya berasal dari Cityscope Amerika. Hari Sabtu, 23 Juli 2016 mulai pukul 09.00 WIB peserta akan berangkat menuju kampus UK Petra untuk mengikuti pengantar singkat mengenai Desain bangunan Inklusif hingga pukul 10.00 WIB di Ruang Konferensi 3 gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra. Pembekalan singkat ini akan dibawakan oleh dua narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Dr. Arlinah Hayati, S.T., M.T seorang penyandang disabitas kruk sekaligus dosen ITS dan Gunawan Tanuwidjaja, M.Sc. selaku dosen Program Studi Arsitektur UK Petra yang juga pemerhati penyandang disabilitas.

Pukul 11.00-12.00 WIB, para peserta program Inclusive Building and Urban Parks in Surabaya Trip diajak berkeliling ke SMPLB-A YPAB, untuk meliht langsung sekolah serta kebutuhan di sekolah tersebut. Persembahan seni dari para penyandang disabilitas yang sangat memukau menutup kunjungan siang itu. Dilanjutkan pada pukul 14.00-15.00 WIB, para peserta diajak mengunjungi Taman Bungkul yang terletak di jalan Gubeng, Surabaya. Para pesera diajak merasakan fasilitas bagi kaum disabilitas yaitu mencoba menggunakan kursi roda di trotoar taman. Aksi menutup mata menggunakan kain penutup juga akan dilakukan untuk merasakan guiding path (ubin pemandu Tuna Netra).

 

  • Regenerating Kampung

Mlaku-mlaku nang Kampung Ampel. Itulah yang akan dilakukan dalam kegiatan

bertajuk Regenerating Kampung pada hari Minggu, 24 Juli 2016 mulai pukul 09.30 WIB. Film singkat mengenai Kampung Ampel akan mengawali perjalanan para peserta Regenerating Kampung yang terdiri dari 25 peserta UN Habitat dan 35 mahasisiwa Program Studi Arsitektur UK Petra tersebut. Mereka terkesima dengan film berdurasi 15 menit tersebut yang merupakan hasil karya Altrerosje Asri, S.T., M.T seorang dosen Program Studi Arsitektur yang sedang menyelesaikan disertasinya di Belfast, Irlandia. Film yang berjudul Life and event in Ampel itu berhasil membuat kagum tiga peserta asing asal Philipina, Srilanka dan Amerika Serikat.

Dengan dibantu oleh Kelompok Sadar Wisata Ampel (POKDARWIS Ampel) dan komunitas Fotografer Ampel, para peserta akan melakukan perjalanan ke Kampung Ampel mulai pukul 11.00-14.00 WIB. Total akan ada tujuh lokasi yang dituju dengan berjalan kaki yaitu Gapura Ampel Masjid, Sentra Belanja Ampel Masjid, Masjid&Pesantren Sunan Ampel, Sentra Belanja Ampel Suci (Gubah), Cagar Budaya Bangunan Makam Habib Habsyi, Gapura Lawang Agung dan sentra jajan khas Ampel. Ke 25 peserta UN Habitat yang juga dibarengi 35 mahasiswa Program Studi Arsitektur tersebut akan mengobservasi bangunan Ampel. “Uniknya nanti para peserta sambil lesehan akan menikmati makanan khas Ampel mulai dari roti Briyani, sate kambing dan masih banyak lainnya  sembari menikmati foto-foto hasil karya komunitas fotografi “Penantang Cahaya” di yayasan perguruan Bahreisy yang sarat dengan nuansa budaya Ampel”, ungkap Rully Damayanti, Ph.D. selaku koordinator kegiatan Regenerating Kampung ini.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, akan ada new agenda yang akan dibicarakan dalam Konferensi UN Habitat 3 khususnya kampung yang ada di perkotaan seperti Surabaya. “Kampung Ampel ini sangat sarat dengan makna. Semua yang ada di kampung Ampel ini kaya akan sejarah, budaya, bahkan perekonomian yang menarik untuk dikupas”, urai Rully.

 

————————————————————————————————————

 

Aksi 10 tim mahasiswa UK Petra bersaing menghias 30 buah payung kertas juga berhasil menarik minat para peserta UN Habitat di Grand City Mall, Surabaya. Mereka terkesima dengan tampilan payung kertas yang dikelompokkan sesuai dengan daerah yang ada di Indonesia yaitu Bali, Toraja, Aceh, Madura, Ponorogo, Dayak, NTT, Yogyakarta, Betawi dan Batak. “Jadi nantinya para peserta UN Habitat dari berbagai negara tersebut akan lebih mengenal keragaman dan keindahan budaya Indonesia melalui komposisi payung tradisional 2D-3D. Setiap tim lomba yang terdiri dari dua mahasiswa Program Studi Desain Interior UK Petra angkatan 2014 dan 2016 tersebut diharuskan menghias 3 buah payung berdiameter 70 cm sebanyak 1 buah dan 50 cm sebanyak 2 buah payung ,” ungkap Grace Setiati Kattu, S.Sn., M.Ds. selaku koordinator lomba.

Kompetisi bertajuk Beauty of Indonesia ini akan digelar selama dua hari mulai hari Senin-Selasa, 25-26 Juli 2016 mulai pukul 13.00 WIB di Grand City East Rotunda (depan Mark Spencer). Kriteria kompetisi hasil kerjasama antara Grand City dengan Program Studi Desain Interior UK Petra tersebut akan meliputi aplikasi konsep budaya, kreativitas, penyajian dan komposisi. Akan dipilih pemenang dengan mendatangkan 1 juri dari pihak Grand City, Surabaya dan 2 juri dari UK Petra. “Karena keterbatasan waktu yang ada, maka komposisi bahan dalam menghias payung kertas ini dibatasi yaitu 60% menempel dan 40% mengecat”, tutup Grace.

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : 2983190-3194

  • PIC Inclusive Building and Urban Parks in Surabaya Trip (Gunawan Tanuwidjaya, M.Sc.) : 081221220842
  • PIC Regenerating Kampung (Rully Damayanti, Ph.D.) :081296053100
Press Release

Peraih Nobel Dunia bidang Fisika hadir di UK Petra

16 Juni 2016

Universitas Kristen Petra semakin memantapkan langkahnya menjadi a global university, hal ini dibuktikan dengan kehadiran tamu kehormatan bernama Prof. Jerome Isaac Friedman dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge USA yang merupakan peraih penghargaan nobel dunia di bidang Fisika bersama dengan Henry Way Kendall dan Richard Edward Taylor pada tahun 1990. Kedatangan tamu kehormatan ini merupakan hasil kerjasama UK Petra dengan The International Peace Foundation dalam rangkaian acara Bridges, Dialogues Towards A Culture Of Peace. Prof. Jerome Friedman ini akan menjadi Nobel Laurant pertama yang akan datang ke UK Petra pada hari Jumat, 10 Maret 2017 mulai pukul 14.00 WIB yang akan datang di Auditorium Gedung P2, Kampus UK Petra, Jalan Siwalankerto 121-131, Surabaya.

Continue Reading…

Press Release

DKV UK Petra Sabet Juara 1 Integrated Campaign

14 Juni 2016

Satu lagi berita gembira dari tim mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam ajang festival Advertising Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (ADuin) 2016 di Yogyakarta. ADuin 2016 Creative Advertising Festival merupakan lomba advertising untuk tingkat mahasiswa dengan cakupan nasional. Festival advertising yang sudah digelar sebanyak 3 kali tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya, dengan tema tahun 2016 ini yaitu REALTIONSHIP, REAL action in relationship. Ada tiga kategori lomba dalam festival ini, yaitu: 1) Integrated Campaign, perancangan kampanye iklan yang terintegrasi; 2) Print Ad, pembuatan iklan cetak; dan 3) TV Commercial, pembuatan iklan di media televisi.

Continue Reading…

Press Release

Pameran Hasil SL Arsitektur UK Petra

9 Juni 2016

Service Learning (SL). SL merupakan sebuah proses pembelajaran berbasis jasa layanan yang sering diterapkan Universitas Kristen Petra (UK Petra) dalam proses belajar mengajarnya. Dalam proses SL ini, UK Petra mengajak para mahasiswa untuk melayani masyarakat dengan ilmu yang sudah dipelajari dikelas untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Ialah Program Studi Arsitektur UK Petra dalam mata kuliahnya bernama “Kerja Pelayanan C – Desain Inklusi dan jaringan-jaringan LSM (penyandang disabilitas)” menggelar pameran hasil SLnya bertajuk Pameran UBCHEA – UK Petra: Desain Rumah, Apartemen dan Sekolah Inklusif bagi Penyandang Disabilitas selama sembilan hari mulai tanggal 8-16 Juni 2016 mulai pukul 08.00-15.00 WIB di Ruang Pamer Perpustakaan UK Petra, Gedung Radius prawiro lantai 6 kampus UK Petra, Surabaya.

Continue Reading…

Press Release

Peluncuran Buku Karya Cor Passchier di UK Petra

6 Juni 2016

Jangan pernah merasa cukup belajar sejarah Indonesia, khususnya bangunan bersejarah. Ada cerita-cerita menarik yang patut kita ketahui di balik bangunan bersejarah di Indonesia. Program studi Arsitektur Universitas Kristen Petra (UK Petra) ingin terus belajar mengenai bangunan bersejarah di Indonesia maka bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menggelar Peluncuran Buku bertajuk Building in Indonesia 1600-1690 yang digelar esok Selasa, 7 Juni 2016 mulai pukul 10.00-12.00 WIB di Ruang Konferensi 4, Gedung Radius Prawiro Lantai 10 kampus UK Petra Surabaya.

Continue Reading…

Press Release

Ramah Tamah Duta Besar Perancis ke UK Petra

3 Juni 2016

Tanggal 30 Mei 2016 yang lalu, Universitas Kristen Petra (UK Petra) mendapatkan kehormatan menerima kunjungan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Mdm. Corrine Breuzé yang ditemani oleh Konselor Kerjasama dan Direktur Institut Français d’Indonésie (IFI), Mr. Marc Pitton; Direktur IFI Surabaya, Veronique Mathelin; dan Astrini Simanjuntak dari Campus France Surabaya. Rombongan Duta Besar Perancis ini di terima langsung oleh Rektor UK Petra, Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr. Eng., dengan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng.; Kepala Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra, Endo Wijaya Kartika, S.E., M.M.; Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Desi Yoanita, S.Sos., M.Med.,Kom.; dan Kepala Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan, Meilinda, S.S., M.A., di Café Lounge UK Petra.

Continue Reading…