Press Release

Abdimas Mahasiswa UK Petra: Triple-U dan Reboisasi

13 May 2016

 Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur, Universitas Kristen Petra (UK Petra) juga melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi dalam proses belajar mengajarnya. Salah satunya Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) yang mana ini merupakan sebuah gerakan penting untuk membangun masyarakat yang lebih baik mulai dari karakter, budaya, produk kekayaan alam hingga pola pikirnya. Terpikir untuk lebih memberdayakan masyarakat, sebagai intelek muda para mahasiswa UK Petra yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar dua kegiatan Abdimas yaitu Triple-U dan Reboisasi. Berikut pemaparan dari dua kegiatan tersebut:

  • Triple – U

Healthy is Wealthy itulah tema yang diusung dalam kegiatan Triple-U digelar pada hari Minggu, 15 Mei 2016 mulai pukul 06.00-14.00 WIB di Kelurahan Kutisari, Jalan Kutisari Utara no 69, Surabaya. ”Dinamakan Triple-U karena kegiatan Abdimas ini merupakan kolaborasi dari tiga universitas yaitu Universitas Kristen Petra (UK Petra), Universitas Surabaya (Ubaya), dan Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya. Kami mempunyai keinginan yang sama untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai kesehatan karena melihat kesadaran dan kepedulian akan kesehatan semakin menurun khususnya penyakit Demam Berdarah”, ungkap Christian Ivan Suyanto selaku Ketua Umum Triple-U ini.

Gelaran yang berhasil menjaring kurang lebih 106 mahasiswa dari tiga universitas swasta di Surabaya yang berbeda ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), dengan konsep pengobatan gratis, pasar murah dan kampanye Demam Berdarah. Ada beragam rangkaian kegiatan dalam pengobatan gratis ini diantaranya donor darah, cek kesehatan secara umum dan tes mata. Kegiatan ini akan dipandu langsung oleh para tenaga medis yang didatangkan langsung dari PMI. Tak hanya itu saja, para mahasiswa juga akan berinteraksi langsung dengan masyarakat dengan membagikan 300 paket sembako seharga Rp. 25.000 pada warga yang membutuhkan di sekitar Kelurahan Kutisari. Sedangkan kampanye kesehatan khususnya penyakit Demam Berdarah juga dilakukan oleh para mahasiswa dari ketiga universitas swasta di Surabaya dengan terjun langsung ke 6 gang rumah sekitar wilayah kelurahan Kutisari. ”Sekitar 20 hingga 50 rumah yang akan kami datangi. Untuk membagi paket sembako secara adil dan merata serta informasi mengenai kegiatan ini, kami berkoordinasi langsung dengan Lurah Kutisari”, tutup Ivan.

  • Reboisasi

    Reboisasi. Sebuah aksi menanam pohon secara besar-besaran. Itulah aksi yang akan digelar sejumlah mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) guna belajar menghargai lingkungan sekitar sekaligus bertumbuh bersama. Mengambil tema Planting for Future Abdimas Reboisasi akan dilakukan selama dua hari berturut-turut Sabtu-Minggu, 14-15 Mei 2016 yang akan datang.

Sebelum para mahasiswa UK Petra terjun langsung melakukan reboisasi, akan dibekali terlebih dahulu dengan seminar bertajuk Planting for Future pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 mulai pukul 09.00-10.00 WIB di gedung P ruang P707, kampus UK Petra. Seminar akan menghadirkan pembicara dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya yang akan membagikan mengenai cara reboisasi yang benar, cara reboisasi yang benar dan dampak positif dari reboisasi bagi lingkungan sekitar. Keesokan harinya, Minggu tanggal 15 Mei 2016 mulai pukul 08.30-12.00 WIB sejumlah 61 mahasiswa UK Petra bersama dengan Ir. Chalid Buhari selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya akan melakukan aksi gerakan Reboisasi.  Aksi ini akan menanam 140 bibit tanaman Bakung di Frontage Road, Jalan Ahmad Yani (depan Dinas Peternakan Surabaya). “Sebelum aksi reboisasi ini dilakukan, para peserta akan diberikan penyuluhan singkat terlebih dahulu dan teknisnya melakukan reboisasi mulai dari menggali tanah, proses pemberian pupuk hingga menanam bibit”, urai Kalista Glory Apsari selaku ketua panitia Reboisasi ini.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 8494830-31   psw : 3190-3193

  • PIC Triple – U : Christian Ivan Suyanto (087833316216)
  • PIC Reboisasi : Kalista Glory Apsari (08563397077)