Press Release

Ajarkan Budaya Internasional, UK Petra Gelar International Day

16 Maret 2016

Mulai tahun 2016, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah diberlakukan di Indonesia. Itu artinya tantangan saat ini menjadi semakin tanpa batas, para professional asing dapat masuk bekerja di Negara kita bersaing secara langsung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Lalu bagaimana langkah kita? Melalui International Day, sebuah acara yang digelar oleh Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) Universitas Kristen Petra (UK Petra) selama satu hari penuh pada hari Kamis, 17 Maret 2016 mulai pukul 09.00-17.00 WIB di Atrium Gedung Radius Prawiro lantai 1 untuk pengenalan budaya dan Ruang Konferensi 4, lantai 10 Gedung Radius Prawiro untuk seminar, talkshow serta sosialisasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum & HAM Republik Indonesia.

“Acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa UK Petra untuk membekali diri ditengah persaingan saat ini. Para mahasiswa diharapkan akan lebih memahami pentingnya internasionalisasi serta program-program internasional yang ada di UK Petra. Tak hanya itu saja, dalam acara ini akan disediakan forum berbagi informasi yang melibatkan Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia”, ungkap Meilinda, S.S., M.A selaku Kepala BAKP UK Petra. Acara kali kedua yang diadakan di UK Petra ini, akan melibatkan mahasiswa UK Petra yang sudah pernah mengikuti program internasional ke luar negeri dan mahasiswa internasional yang saat ini berada di UK Petra. “Harapannya, dengan adanya kegiatan ini maka makin banyak mahasiswa UK Petra yang sadar akan tantangan globalisasi serta paham bagaimana memanfaatkan jejaring”, urai Meilinda.

Ada dua kegiatan utama dalam International Day yaitu pertama Pameran dan Pengenalan Budaya yang mana akan tersedia lima booth. Kelima booth ini diantaranya informasi mengenai Summer Program, Student Exchange, Joint Degree, Immigration Goes to Campus dan Petramate. Tak hanya itu saja, beberapa mahasiswa asing yang ada di UK Petra berjumlah 10 orang akan menunjukkan aksinya. Mahasiswa asal Jepang, Akira Ayoama (Program Dharmasiswa) akan menunjukkan budaya tea seremony. Tak ketinggalan Jeon Hye In dan Kim Seo Young (Program Dharmasiswa) asal Korea akan mengajak mahasiswa UK Petra lomba makan ramen pedas. Sedangkan keenam mahasiswa Belanda (Program Student Exchange) akan memperkenalkan permainan khas Belanda. Kegiatan kedua dalam International Day ini akan diisi dengan seminar Engaging Globalization: Petra Christian University and the Path to Success, talkshow dari perwakilan mahasiswa yang pernah mengikuti program magang luar negeri, pertukaran mahasiswa dan summer program, sesi info Immigration Goes to Campus: Layanan Pemberian Surat Rekomendasi Work dan Holiday Visa Australia serta Sosialisasi terkait Layanan Student Visa dan Peraturan Keimigrasian terkait Layanan Ijin Tinggal Mahasiswa Asing dan Pekerja Asing di institusi pendidikan Indonesia.

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194

  • Novielyn Anthonio (081358444029)