Press Release

Akuntansi Pajak UK Petra Gelar Petra Tax Competition

12 Mei 2016

Pemerintah Indonesia bersama dengan seluruh anggota Negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN sudah menyepakati pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2016, itu artinya peluang pasar untuk jasa konsultan pajak akan lebih besar sebab ekonomi negara ASEAN akan saling terintegrasi. Untuk menghadapi MEA 2016 ini, para akuntan pajak Indonesia harus memenuhi standar minimum. Salah satunya dengan meningkatkan kemampuan meliputi berbagai hal, yaitu memahami aspek perpajakan atas transaksi-transaksti lintas batas atau perpajakan internasional. Sebagai calon konsultan Pajak, para mahasiswa Akuntansi Pajak merasa perlu memperlengkapi diri dengan pengetahuan yang cukup agar bersaing dalam MEA 2016 ini. Menjawab tantangan ini Himpunan Mahasiswa Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra (Hima Jaktra) menggelar Petra Tax Competition pada hari Jumat, 13 Mei 2016 mulai pukul 08.30-12.00 WIB di Gedung T kampus UK Petra Lantai 5 ruang AVT. 501 dan dilanjutkan mulai pukul 13.00-17.00 WIB di Ruang Konferensi 4, Gedung Radius Prawiro kampus UK Petra lantai 10.

Mengambil tema Indonesian Tax Expert, kompetisi ini akan melewati empat babak dengan memperebutkan hadiah senilai 16 juta rupiah. “Tema ini sengaja kami pilih sebab Hima Jaktra mendukung peningkatan jumlah konsultan pajak yang berkompeten di Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan. Menggingat kebutuhan konsultan Pajak di Indonesia masih jauh dari kebutuhan. Tercatat 20 tim dengan tiga orang mahasiswa Akuntansi didalamnya yang akan mengikuti babak penyisihan dari seluruh universitas di Indonesia diantaranya Manado, Gresik, Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Jakarta”, ungkap Retnaningtyas Widuri, S.Sos., M.M selaku Kepala Program Studi Akuntansi Pajak UK Petra Surabaya. Para peserta dalam kompetisi ini akan menghadapi empat babak sekaligus dalam satu hari dengan materi yang dilombakan bisa berupa case study, rally games, hingga soal pilihan ganda. “Beberapa soal yang dibuat langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I. Materi lombanya meliputi Akuntansi dan Pajak seperti Akuntansi Keuangan Menengah, Teori Akuntansi, Akuntansi Manajemen dan masih banyak lainnya serta materi Pajak seperti Pajak Penghasilan, Manajemen Pajak, Pengadilan Pajak dan lain-lain”, tambah Widuri.

Dalam babak penyisihan akan dipilih 10 tim terbaik. Pada babak pertama yang dibagi dua sesi tersebut, panitia akan menguji kemampuan pengetahuan Akuntansi dan Pajak baik secara individu maupun kelompok dengan soal pilihan ganda dan esai kasus hitungan. Selanjutnya para peserta harus menghadapi rally games dengan menyelesaikan soal-soal yang ada di pos-pos yang sudah disediakan panitia. Sedangkan pada babak tiga, para peserta diminta menyelesaikan soal yang sifatnya teori dan hitungan. Pada babak empat hanya akan diikuti oleh 5 peserta dengan point tertinggi pada babak-babak sebelumnya. Mereka akan dihadapkan dengan kasus bertemakan “pengaruh MEA terhadap peran konsultan pajak dilihat dari perspektif kebangsaan”. Hanya dengan waktu 15 menit, para peserta harus mempresentasikan di hadapan juri dan akan dipilih tiga pemenang.

Informasi lebih lanjut hubungi :

·       Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 8494830-31   psw : 3190-3193

  • Stela Angelica (081334509995) dan Levina Limanto (081902802800)