Architecture Festival Bahas Contextual Micro Space di UK Petra

Ruang sisa di perkotaan masih sering kita temui misalnya seperti pojok gang, pinggir sungai hingga kolong jembatan. Tak jarang ruang sisa ini kemudian dijadikan tempat yang negatif seperti sebagai lokasi pembuangan sampah, transaksi jual beli barang-barang terlarang hingga graffiti yang vandalisme. Padahal ruang sisa ini dapat digunakan untuk kegiatan yang positif. Isu ini sangat penting dan mendesak. Tapi apa yang dapat kita lakukan? Berkaca dari hal ini Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra menggelar kegiatan sayembara dan pameran bertajuk Architecture Festival pada hari Jumat, 13 April 2018 mulai pukul 13.30 WIB di Ruang Konferensi I, Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra-Surabaya.

Architecture festival merupakan sayembara yang menjadi wadah bagi peserta nasional dan internasional untuk saling berkompetisi dan belajar satu sama lain. Kegiatannya berupa seminar dan pameran 25 karya sayembara yang bertemakan Contextual Micro Space. “Kami sengaja memilih tema ini karena sebagai calon arsitek sesungguhnya dilatih tak hanya terampil menciptakan solusi kreatif saja akan tetapi juga harus melihat secara kreatif sebuah kondisi sosial untuk kemudian disimpulkan potensi dan solusinya”, ungkap Richman selaku ketua acara Architecture Festival 2018.  Sayembara bertaraf internasional ini berhasil menjaring 170 kelompok mahasiswa dari enam negara yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Hungaria, Australia, Irak dan Iran. Kemudian diseleksi dan terpilih 25 terbaik yang akan dipamerkan akan tetapi nantinya hanya 5 terbaik saja yang presentasi di hadapan juri. Adapun lima kelompok terbaik yang telah melakukan presentasi pagi ini (13/04) adalah satu kelompok mahasiswa Universitas Indonesia-Jakarta, dua kelompok mahasiswa UK Petra-Surabaya, satu kelompok mahasiswa Universitas Parahyangan-Bandung dan satu kelompok mahasiswa dari Hungaria. Uniknya, saat presentasi kelompok mahasiswa dari Hungaria ini

Setelah acara penjurian lima kelompok berlangsung dilanjutkan dengan seminar dari empat pembicara sekaligus mulai pukul 13.30 WIB. Adapun pembicara itu adalah Daliana Suryawinata dari SHAU architects, Hermawan Dasmanto, S.T. dari ARA Studio, Deffry Agatha Ardianta,S.T.,M.T dari dosen ITS dan Altrerosje Asri,S.T., M.T yang merupakan dosen Program Studi Arsitektur UK Petra.

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : 2983190-3194