Press Release

Berbagi dengan UMKM Bisnis Keluarga Makanan Tradisional Siwalankerto

8 Maret 2016

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat dengan UMKM ini merupakan salah satu bagian penting dalam perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu, saat ini pemerintah Indonesia semakin gencar untuk mengembangkan UMKM yang ada agar menghasilkan produk yang berdaya jual tinggi. UMKM sering dibangun tanpa ada persiapan yang lengkap, contohnya, para pelaku UMKM tidak memperhatikan cara memasarkan produk secara efektif dan efisien. Akibat pemasaran produk yang tidak tepat ini, konsumen kurang mengenal produk yang dijual oleh UMKM tersebut.

Sebagai institusi pendidikan, UK Petra hendak membantu para pelaku UMKM dengan membagi ilmu dalam bidang pemasaran. Sejak bulan Oktober 2015 yang lalu, Program Manajemen Pemasaran UK Petra bersama HIMAPASTRA (Himpunan Mahasiswa Pemasaran UK Petra) dan tim riset United Board bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di wisata kuliner Siwalankerto. Kegiatan ini mengangkat tema Bisnis Keluarga Makanan Tradisional, dan diselenggarakan dalam bentuk lomba akademik mengenai inovasi dari strategi pemasaran serta desain bangunan. Lomba yang ditujukan bagi mahasiswa Program Manajemen Pemasaran UK Petra ini, mengambil 10 tim terbaik sebagai pemenang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat antara lain nama brand PKL (Pedagang Kaki Lima) yang lebih menarik (pendek dan mudah diingat), logo nama PKL, kartu nama PKL, Flyer yang kreatif untuk lokasi PKL Siwalankerto (ukuran 15×9 cm), Flyer tiap PKL yang ada (15x9cm), Line sekaligus akun Instagram dan desain retail PKL itu sendiri.

“Pengabdian masyarakat yang juga bekerja sama dengan HIMAPASTRA, menggunakan dana hibah dari United Board. Kami menitikberatkan pada makanan tradisional karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk melestarikan kekayaan kuliner Indonesia melalui pengembangan UMKM makanan tradisional agar dapat bersaing dengan makanan luar negeri”, urai Ritzky Karina Megah Roza Brahmana SE., MA. selaku anggota pengabdian masyarakat ini. Hasil pengabdian masyarakat ini rencananya akan diberikan secara resmi kepada Dinas Koperasi Surabaya pada hari Kamis, 10 Maret 2016 mulai pukul 14.00 WIB di Jalan Siwalankerto VIII, Wonocolo, Jawa Timur 60234.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194

  • Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc (081221220842)