Press Release

Gelaran Karya Mahasiswa: Watercolor Wallart, Mebel, hingga Kaligrafi

2 June 2016

Sebagai anak muda generasi penerus bangsa Indonesia, sudah selayaknya menghasilkan sebuah karya dan berkreasi yang positif. Begitu juga dengan para mahasiswa Program studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra) yang menggelar hasil karyanya selama empat hari berturut-turut mulai hari Rabu-Senin, 1-6 Juni 2016 yang akan datang di selasar Gedung P lantai 1, 2 dan 3 kampus UK Petra mulai pukul 09.00-15.30 WIB.

    Pameran karya yang terdiri dari lima mata kuliah Program Studi Desain Interior UK Petra ini terdiri dari Mata Kuliah Desain Dasar 1, Desain Dasar 2, Craft and Furnishing, Desain Mebel 4 dan Chinesse Interior. “Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri bagi calon desainer muda atas karyanya”, urai Ir. Hedy Constancia Indrani, M.T selaku Kepala Program Studi Desain Interior UK Petra. Berikut penjelasan dari pameran tersebut:

  • Pameran Mata Kuliah Desain Dasar 1

        Dalam pameran Mata Kuliah Desain Dasar 1 yang digelar di selasar Gedung P lantai 2 tersebut merupakan kumpulan karya para mahasiswa yang masih semester 1. Mereka diminta untuk menciptakan, mengembangkan sekaligus memodifikasi satu patra dari motif daerah di Indonesia “full color” bertemakan tumbuhan dan binatang. Dalam tugas 2 dimensi yang diberikan secara individual ini, para mahasiswa harus mengetahui latar belakang dari satu patra yang dipilihnya terlebih dahulu sehingga hasil pengembangannya tidak asal-asalan.

        “Saya sangat kagum dengan karya para mahasiswa ini, hasilnya sangat luar biasa jauh melebihi ekspektasi saya. Dengan adanya tugas ini, mahasiswa diharapkan mampu mengenal unsur desain “patra” yang berawal dari motif dan pola sehingga mereka mampu menciptakan patra geometris maupun non geometris dari pengembangan patra yang ada serta mengasah kreativitas sendiri”, urai Grace Setiati Kattu., S.Sn, M.Ds selaku dosen penanggung jawab mata kuliah ini.

        Pameran yang menghasilkan 68 karya Batik Modifikasi terbaik ini, di komposisikan dan digambar di media kertas ukuran 30×30 cm dengan teknik lukis menggunakan cat poster warna. Kriteria penilaian dalam karya mahasiswa ini mencangkup tiga hal yaitu ide dasar dan pengolahan komposisi patra, Kemampuan dalam menyusun komposisi dan yang tak kalah pentingnya kerapian dalam menyelesaikan karya.

  • Pameran Mata Kuliah Desain Dasar 2

            Film, semua orang pasti pernah melihat film. Akan tetapi  bagaimana jika hasil dari menonton film ini diaplikasikan dalam sebuah karya 3 Dimensi? Unik. Itulah yang terlintas dalam pameran bertajuk My Imaginative Space Tema Movie Pilihan 2015-2016 yang digelar di selasar gedung P lantai 2, kampus UK Petra. “Dengan adanya tugas ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemahaman tentang unsur dan prinsip desain secara komprehensif melalui penciptaan karya 3 dimensi berupa ruang abstrak dengan memperhatikan karakter material atau bahan. Karya ini dilakukan secara berkelompok terdiri dari dua hingga tiga mahasiswa,” ungkap Grace Setiati Kattu., S.Sn, M.Ds selaku dosen penanggung jawab mata kuliah ini.

Karya 3 Dimensi berjumlah 67 ini merupakan perwujudan dari ruang abstrak, imajiner yang memperhatikan karakter bentuk, bahan dan warna. Para mahasiswa ini harus melalui berbagai proses terlebih dahulu, diantaranya melakukan eksplorasi dan pengamatan mengenai film yang telah ditentukan oleh para dosen. Ada 13 judul film yang telah ditentukan oleh dosen yaitu diantaranya Civil War, Batman Vs Superman, Spectre, Starwars 2015, Kungfu Panda 3, The Jungle Book, Cinderella dan lain-lain. Mata Kuliah Desain Dasar 2 ini merupakan mata kuliah lanjutan bagi mahasiswa semester 2 yang belajar mengenai unsur desain dan ruang, serta sifat-sifat dari karya seni tiga dimensi.

  • Pameran Mata Kuliah Craft and Furnishing

Dalam setiap rumah tinggal, selalu ada hiasan pemanis ruangan. Aneka hiasan pemanis ruang ini juga dipelajari oleh para mahasiswa Desain Interior UK Petra, ialah Watercolor Wallart gelaran karya mahasiswa di selasar gedung P lantai 2 mengenai hiasan ruangan. Pameran ini menampilkan 24 karya mahasiswa membuat lukisan di media kertas ukuran 20×20 cm dengan media gabungan antara watercolor dan teknik kolasi, percik, stencil yang menggunakan bahan seperti garam, lem dan lain-lain. Hasilnya dipajang dalam frame ukuran 30×30 cm untuk diletakkan di ruang dalam.

            “Dengan adanya tugas ini diharapkan mahasiswa mampu bereksperimen, menciptakan dan mengaplikasikan unsur desain menjadi komposisi karya dekoratif wallart (karya seni di dinding) yang mempunyai nilai guna untuk interior”, urai Grace Setiati Kattu., S.Sn, M.Ds selaku dosen penanggung jawab mata kuliah pilihan Craft and Furnishing. Karya yang merupakan tugas individu ini merupakan hasil karya mahasiswa semester 6 angkatan 2013. Penilaian dari tugas ini adalah kompleksitas, kreativitas dan kerapian.

  • Pameran Mata Kuliah Desain Mebel 4

Kayu Kelapa dan Rotan. Siapa sangka dua bahan yang mudah ditemui di Indonesia ini bisa dijadikan bahan Home Furniture yang apik. Ialah pameran Home Furniture berbahan dasar Kayu Kelapa dan Rotan persembahan mahasiswa Desain Interior UK Petra semester 6 di selasar gedung P lantai 1. Sejumlah 130 karya furniture untuk rumah tinggal akan dipamerkan mulai dari kursi, meja dan lain-lain. Mengapa memilih bahan Kayu Kelapa dan Rotan? “Kayu Kelapa dan Rotan ini merupakan bahan yang berlimpah di Indonesia akan tetapi daya jualnya yang rendah akibat kelemahan bahan itu sendiri. Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa diharpkan mampu mengangkat derajat kedua bahan ini agar lebih populer di masyarakat sekaligus mendukung kampanye Pemerintah Indonesia dalam larangan eksport bahan mentah dari kedua bahan tersebut”, ungkap Adi Santosa, S.Sn., M.A.Arch selaku dosen penanggung jawab mata kuliah ini.

            Proses yang dialami oleh para mahasiswa ini cukup panjang. Setelah mereka belajar mengenai teori di kelas, dilanjutkan merancang di kelas studio dengan para tutor baru kemudian mereka proses produksi. Karya-karya ini merupakan hasil pembelajaran proses produksi di UKM dan industry mebel eksport di Jawa Timur. Ada lima penilaian yang tetap berlaku mulai sejak merancang hingga proses produksi yaitu “fungsi, estetika, Ergonomi (kenyamanan pemakaian), konstruksi, proses prosuksi dan nilai jualnya”, tutup Adi kala ditemui di ruangan dosen Desain Interior UK Petra.

  • Pameran Mata Kuliah Chinesse Interior

Mata Kuliah Chinese Interior merupakan mata kuliah pilihan di Program Studi Desain Interior bagi mahasiswa semester 6. Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa dibimbing tak hanya sekedar memahami sejarah dan teori desain interior Tionghoa saja akan tetapi juga mempraktekkan prinsip desain budaya Tionghoa dalam bentuk produk interior.

Pameran yang digelar di selasar gedung P lantai 3 tersebut berisi 10 karya kaligrafi Auspicious Chinese Characters serta 20 karya pernak-pernik Tionghoa seperti Lampion, keranjang buah dan vas. “Para mahasiswa ini diajarkan untuk dapat mempraktekkan prinsip desain budaya Tionghoa dalam bentuk produk interior. Tugas ini dilakukan secara berkelompok terdiri dari 3 hingga 4 orang. Pameran ini rencananya akan berlangsung hingga 9 Juni 2016”, ungkap Diana Thamrin, S.Sn., M.Arch selaku dosen penanggung jawab.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 8494830-31   psw : 3190-3193

  • Grace Setiati Kattu., S.Sn, M.Ds (089630109669)
  • Adi Santosa, S.Sn., M.A.Arch (08155084129)