Press Release

Hargai Uang Koin melalui Gerakan Nempel Koin Rombongan

13 May 2016

Tak jarang kita melihat orang lebih memilih meninggalkan uang koin dimeja dan mengambil uang kertasnya saja. Sehingga tak heran akhir-akhir ini kehadiran uang koin sempat menghilang dari peredaran pasar. Fenomena penurunan apresiasi koin sekarang ini ingin diubah melalui sebuah solusi media inovatif yaitu “Bukoin” (Buku Koin). Apa itu Bukoin? Buku Koin bukan sekedar buku biasa. Buku ini dapat mengubah koin menjadi barang yang berguna bagi anak-anak. Cara yang ditempuh ialah dengan mengajarkan anak untuk mengumpulkan koin, kemudian menempelkannya pada Bukoin lalu dapat ditukarkan dengan barang kegiatan belajar.

“Mengajarkan untuk menghargai uang koin, itulah inti dari kegiatan Bukoin ini”, ungkap Bobby mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra yang ditemui beberapa waktu lalu di kampus saat bercerita mengenai dasar pemikiran dalam merancang Tugas Akhirnya tersebut. Pemilik nama lengkap Vincentius Bobby Hartono ini akan menggelar Gerakan Nempel Koin Rombongan oleh Buku Koin (Bukoin) pada hari Senin, 16 Mei 2016 mulai pukul 10.00-11.00 WIB di Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Santo Carolus, Jalan Jemur Andayani XXI, Surabaya. Dengan mengumpulkan koin sebenarnya terkandung nilai moral yaitu anak akan belajar bersabar dan menabung dalam menerima uang. “Kegiatan ini akan mengasah otak anak dalam kegiatan memasangkan dan juga membedakan antara nominal yang satu dengan yang lain. Selain itu mereka juga akan berusaha menghargai koin yang telah mereka terima. Bukoin didesain semenarik mungkin dan terdapat karakter-karakter dari setiap koin itu sendiri yang mampu mempersuasif anak-anak. Menariknya, bagian Sarung (luar) dari Bukoin ini dapat dibentuk sebagai dompet koin”, urai Boby.

Sejumlah 78 siswa-siswi SMPK Santo Carolus, Surabaya akan diminta untuk membawa koin 100 rupiah sebanyak 20 koin, 200 rupiah sebanyak 20 koin, 500 rupiah sebanyak 13 koin dan 1000 rupiah sebanyak 14 koin. Kemudian koin-koin ini akan ditempelkan dengan menggunakan lem atau double tape di atas Buku Koin. “Agar lebih seru, siswa-siswi SMPK ini akan dibagi menjadi 6 kelompok sesuai dengan abjad BUKOIN dengan masing-masing kelompok terdiri dari 8-10 siswa. Dengan waktu yang terbatas, para siswa ini diminta menempelkan koin sesuai bentukan huruf. Buku Koin ini dapat dibawa pulang dan ditukarkan dengan barang-barang yang bermanfaat untuk kegiatan belajar di Toko Buku Petra Togamas”, tutup Bobby mahasiswa semester 8 tersebut.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 8494830-31   psw : 3190-3193

  • Vincentius Bobby Hartono (0818506653)