Ibu-ibu PKK Siwalankerto Masak Bersama Makanan Korea

Sejumlah 9 orang mahasiswa asal Korea yang sedang menimba ilmu di Universitas Kristen Petra (UK Petra) akan berinteraksi lebih dekat dengan 30 orang ibu-ibu PKK kelurahan Siwalankerto. Kegiatan Memasak Bersama Ala Korea ini akan berlangsung pada hari Jumat, 24 November 2017 mulai pukul 14.00-15.30 WIB di Pendopo Kelurahan Siwalankerto jalan Siwalankerto 132, Surabaya. Gelaran ini diusung oleh Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan Institusi (BAKP) UK Petra bekerjasama dengan Kelurahan Siwalankerto.

“Acara ini sangat bagus. Dengan adanya kegiatan seperti ini maka mahasiswa asing yang ada di Indonesia khususnya yang sedang kuliah di UK Petra mengetahui seluk beluk kehidupan masyarakat Siwalankerto. Tahu bagaimana keguyuban warganya, kerukunan, tolong menolongnya dan masih banyak lagi sifat orang Indonesia”, ungkap Rury Damayanti, S.H., MH selaku Lurah Siwalankerto. Menariknya, acara ini akan memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat antara mahasiswa asing Korea dengan para ibu-ibu PKK Siwalankerto tersebut. Peserta dibagi menjadi lima kelompok yang berbeda. Dalam masing-masing kelompok akan terdapat satu hingga dua mahasiswa Korea yang didampingi oleh mahasiswa dari Indonesia sebagai penerjemah. Menu makanan yang akan dipelajari tiap kelompokpun berbeda satu dengan yang lainnya. Di akhir acara, para peserta akan mendapatkan kumpulan resep dan cara memasak seluruh makanan yang diperkenalkan.

Makanan apa saja yang akan diajarkan? Gimbab, Jimdak, Pajeon, Gimchi Jeon dan Bimbimbap. Itulah lima makanan asal Korea yang akan diperkenalkan ke 9 mahasiswa Korea tersebut. “Para mahasiswa Korea ini merupakan bagian dari program pertukaran pelajar dan Indonesian Spectrum dengan masa studi satu semester dan atau satu tahun di UK Petra. Gelaran Memasak Bersama Ala Korea ini merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia dengan mengenal keberadaan PKK yang merupakan perkumpulan khas Indonesia yang memiliki keunikan dan nilai yang luhur dari sikap bermasyarakat bangsa Indonesia”, urai Meilinda, S.S., M.A. selaku Kepala Biro Administrasi dan Pengembangan Institusi UK Petra. Makanan yang diajarkan sengaja dipilih makanan Korea yang mudah pembuatannya dan bahan-bahannya bisa dengan mudah didapatkan sehingga jika para ibu-ibu PKK dapat dengan mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti Gimbap yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut seperti lemper. Atau misalkan Bimbimbap yang sejenis nasi campur di Surabaya berisikan semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang.

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : 2983190-3194