Press Release

Joko Anwar, Sharing Kepakaran Sinematografi di UK Petra

15 February 2016

Janji Joni, A Copy of Mind, Arisan, Jakarta Undercover adalah deretan hasil karya dari Joko Anwar baik sebagai sutradara maupun penulis. Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara yang sukses memenangi beberapa penghargaan baik di dalam maupun luar negeri ini akan berbagi pengalamannya dalam Kuliah Tamu di hadapan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra) besok hari Rabu, 17 Februari 2016 mulai pukul 11.30-13.30 WIB di Auditorium UK Petra.

“Sebagai kuliah perdana dalam mata kuliah Audio Visual 2 (AV 2) ini, kami harap para mahasiswa yang berjumlah kurang lebih 148 orang ini akan lebih memahami bagaimana cara membuat sebuah film dari ahlinya yang sudah sering menggarap berbagai film tersebut”, ungkap Hen Dian Yudani, S.T., M. Ds selaku dosen mata kuliah Audio Visual 2 ini UK Petra. Dalam mata kuliah AV 2 ini, para mahasiswa diajarkan bagaimana mewujudkan sebuah naskah untuk difilmkan. Sebuah proses yang tidak mudah, bagaimana mengkomposisi benda dalam sebuah frame, menjadikannya gambar bergerak. “Sebelum mengambil mata kuliah AV 2 para mahasiswa wajib mengambil mata kuliah Audio Visual 1 yang mana belajar proses produksi”, rinci Hen Dian.

Dalam kuliah umum yang berlangsung seru dan inspiratif ini, Joko Anwar ditemani oleh Tia Hasibuan sebagai produser. Keduanya membagikan pengalaman mereka dalam pembuatan film dan juga passion mereka dalam storytelling yang membuat mereka meraih sukses besar ini. Joko mengawali kuliahnya dengan memaparkan keahlian storytelling. Storytelling adalah kegiatan yang sangat penting bagi semua orang, dan terlebih lagi bagi pegiat di dunia perfilman. Menurut Joko, storytelling adalah “An act of persuasion”. Bagi pegiat perfilman secara khusus, storytelling adalah “Something that will make people sit for 90 minutes”. Joko pun berbagi cerita dibalik layar film Copy of My Mind yang hanya bermodalkan 150 juta dan sukses masuk dalam Festival Film Venice, Italia. “Expose yourself to life, agar bisa memperbanyak pengalaman hidup dan bisa menghasilkan sebuah script yang baik”, pesan Joko.

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194

  • Hen Dian Yudani, S.T., M. Ds (087851812355)