Press Release

Kalea Hotel and Resto, praktek nyata Mahasiswa Manajemen Perhotelan UK Petra

25 Mei 2016

Street Market, itulah tema yang digunakan kali ini dalam tugas praktek kelompok kedua dari mata kuliah Management Operasional Hotel (MOH) Universitas Kristen Petra (UK Petra). Kalea Hotel and Resto itulah nama persembahan proyek Mahasiswa Program Manajemen Perhotelan UK Petra yang resmi beroperasi mulai tanggal 14 April 2016 hingga 2 Juni 2016 yang akan datang di gedung Ferry Teguh Santosa lantai 2 Kampus UK Petra. Jam kerja operasional dari Kalea Hotel and Resto ini empat hari kerja mulai hari selasa – Jumat pukul 09.30-20.30 WIB.

Pada kelompok sebelumnya, para mahasiswa mengangkat konsep restaurant negara jepang, proyek kali ini mengambil nuansa negara Thailand. Kalea sendiri merupakan nama yang diambil dari nama rumah tradisional Thailand. “Yang artinya seseorang yang berparas menawan, disukai semua orang, unik dan lucu sehingga semua orang ingin selalu berada didekatnya karena membawa keceriaan. Karakteristik inilah yang diterapkan dalam Kalea Hotel and Resto”, ungkap Stanislaus Kenny selaku General Manager Kalea Hotel and Resto.

Beranggotakan 84 mahasiswa semester 6, kerja praktek ini menggarap semuanya dengan serius mulai dari dekorasi, produk yang dijual hingga seragam yang dipakai. Semuanya merupakan hasil penelusuran yang panjang, bahkan untuk menu-menu yang ditawarkan selalu diuji rasa, kualitas, kuantitas serta kelayakan harganya. Seragam yang dipakai dibuat sesuai tema dengan warna mencolok dan terang yaitu hijau tosca dan merah maroon sebagai warna khasnya. Sedangkan untuk logonya, para mahasiswa ini memasukkan unsur Gajah didalam logo selain untuk menambah nuansa Thailand juga dibuat ada bagian yang tidak berwarna sehingga dapat diubah dengan warna lain agar menimbulkan kesan meriah. 84 mahasiswa ini dibagi menjadi 12 executive committee dan 72 mahasiswa lainnya di bagian operational yang mana terdiri dari divisi pastry, product, service, housekeeping dan front office. “Semester genap ini menjadi ajang berlatih para mahasiswa melayani secara langsung costomer. Setiap mahasiswa yang sedang tugas praktek MOH ini akan mendapatkan modal dari kampus untuk kemudian mereka kelola dalam menjalankan sebuah hotel di kampus. Dengan demikian para mahasiswa Manajemen Perhotelan UK Petra siap terjun menghadapi dunia kerja”, ungkap Endo Wijaya Kartika, S.E., M.M selaku Kepala Program Manajemen Perhotelan UK Petra.

Menu yang disajikan ialah fushion Indonesia – Thailand yang terdiri dari Appetizer (makanan pembuka), Soup, Main Course (hidangan utama), dan Dessert (hidangan penutup). Untuk bagian showcase di bagi menjadi dua yaitu cold (patiseri) dan warm (bakery), serta untuk trolly kami menjual berbagai menu bakery. Haosan Grill, Caramel Choco Lava, Manggorita adalah main course, dessert, dan beverage yang menjadi best seller.

Informasi lebih lanjut hubungi :

·       Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 8494830-31   psw : 3190-3193

  • Stanislaus Kenny (085707006975)