Press Release

Kampanye Hak Disabilitas dan Talkshow Cantiknya Wanita di UK Petra

21 April 2016

Universitas Kristen Petra (UK Petra) sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta di Surabaya mempunyai tanggung jawab untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya Pengabdian kepada Masyarakat. Ada banyak cara untuk menjadi bermanfaat bagi masyarakat salah satunya dengan sharing ilmu pengetahuan. Hari Sabtu, 23 April 2016 UK Petra akan menggelar dua kegiatan yang akan memberikan pengetahuan pada masyarakat yaitu pertama Kampanye Hak Disabilitas dan Kebutuhan Rumah serta Pendidikan bagi Disabilitas. Dan kegiatan yang kedua adalah Aku Wanita Aku Berkarya. Bagaimana ceritanya? Berikut kami berikan gambaran singkatnya.

  • Kampanye Hak Disabilitas dan Kebutuhan Rumah serta Pendidikan bagi Disabilitas

Meskipun memiliki keterbatasan fisik, para penyandang disabilitas seharusnya mempunyai hak yang sama dengan yang lain. Mulai dari hak untuk mendapatkan pekerjaan, pendidikan hingga rumah tinggal. Akan tetapi di Indonesia, tak jarang para penyandang disabilitas ini tidak mendapatkan haknya dengan baik. Ialah kegiatan bertajuk Kampanye Hak Disabilitas dan Kebutuhan Rumah serta Pendidikan bagi Disabilitas hadir menyikapi isu ini yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2016 mulai pukul 09.30-14.30 WIB di Auditorium UK Petra. Kampanye yang diusung oleh Departemen Mata Kuliah Umum (DMU) bekerjasama dengan Perpustakaan UK Petra ini akan menggelar berbagai macam kegiatan mulai dari talkshow, pentas seni hingga games.

Dalam kegiatan kampanye yang berlangsung interaktif ini akan  mengundang 36 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) dan 15 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budi. “Acara ini merupakan lanjutan dari service learning sebelumnya yang dibiayai oleh UBCHEA. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk lebih berempati kepada para penyandang disabilitas sekaligus memberikan keyakinan diri pada para siswa disabilitas yang hadir untuk mengekspresikan kebutuhannya”, urai Gunawan Tanuwidjaja ST., MSc selaku koordinator acara.

Talkshow ini akan dibawakan oleh dua pembicara yaitu pertama Tutus Setiawan, M.Pd (pemenang satu Indonesian Award 2015) yang akan membagikan mengenai Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas, ini diambil dari buku berjudul “It’s About Ability” yang dikeluarkan oleh UNICEF. Mengapa hal ini perlu dibagikan? “Kami para penyandang Disabilitas hanya membutuhkan tempat untuk berekspresi, termasuk didalamnya bekerja dan tempat tinggal yang layak. Kami tidak butuh untuk dikasihani”, ungkap Tutus yang juga seorang guru SMP YPAB ini. Hadir pula pembicara kedua yaitu Gunawan Tanuwidjaja ST., MSc selaku dosen Arsitektur UK Petra yang akan mengulas bukunya yang berjudul Desain Rumah-Untuk Hidup Bermartabat. Dalam sesi ini, Gunawan akan membahas bagaimana sebaiknya desain rumah dan fasilitas bagi para penyandang Disabilitas, orang tua dan ibu hamil. Tak berhenti disitu saja, juga akan ada pentas seni yang diadakan oleh para penyandang Disabilitas yaitu baca puisi, penampilan musik patrol (kenthongan) hingga permainan musik band. Tak ketinggalan, para mahasiswa UK Petra yang hadir diajak untuk berinteraksi langsung dengan para disabilitas dengan memainkan games permainan catur yang ditutup matanya.

 

  • Aku Wanita Aku Berkarya

Wanita. Sosok pribadi yang memegang peranan penting dalam aspek kehidupan manusia. Di Indonesia, arti kehadirannya sangat penting. Di tangan wanita, seorang anak akan dididik menjadi pribadi yang utuh sekaligus memberikan kontribusi untuk kehidupan yang bermanfaat disekitarnya. Mengingat perannya yang begitu besar, tak jarang kehadirannya tidak disadari oleh setiap orang. Akibatnya, wanita sering hanya dipandang sebagai “obyek” oleh sebagian masyarakat. Aku Wanita Aku Berkarya, sebuah kegiatan yang diusung oleh Continuing Education Center (CEC) UK Petra bagi wanita di Indonesia pada hari Sabtu, 23 April 2016 mulai pukul 09.30-14.30 WIB di Ruang Konferensi 4 gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra.

Rangkaian acara ini sangat unik, tak hanya seminar akan tetapi juga akan talkshow dan aneka tips untuk wanita. Seminar bertajuk “Natur dan dampak” akan dibawakan oleh Dra. Lanny Herawati dan Pwe Leng, SE, S.E., M.Kom. Seminar ini akan memberikan gambaran bahwa meskipun kehadiran wanita sangat penting akan tetapi juga harus memahami kodratnya. Tak hanya itu saja, akan diberikan gambaran apa dampak perbandingan kehidupan wanita dulu dan sekarang. Talkshow “Cantiknya Wanita” juga akan memberi gambaran bahwa seorang wanita tak hanya cantik saja, akan tetapi juga harus pintar. Menghadirkan empat pembicara Dra. Lanny Herawati (bidang sosial budaya), Pwee Leng, S.E., M.Kom (bidang Ekonomi), Dr. Ir. Ekadewi Anggraini Handoyo, M.Sc (bidang Teknologi) dan Dr. Wilma Laura Sahetapy, S.S., M.Hum (bidang Hukum). “Menjadi wanita Indonesia yang cantik itu meliputi SP2 yaitu Sikap, Potensi dan Penampilan”, ungkap Dra. Lanny Herawati. Berbagai tips menarik untuk wanita akan juga dibagikan dalam rangkaian acara ini mulai dari tips memasak dalam 5 menit, merias wajah, memanfaatkan sarung untuk busana, kesehatan wanita secara alami hingga bagaimana cara berpakaian yang baik.

Dalam rangkaian acara Aku Wanita Aku Berkarya juga akan diresmikan Komunitas Wanita Berkarya dibawah naungan CEC UK Petra. Dalam komunitas ini yang boleh bergabung adalah wanita dewasa. Komunitas ini merupakan komunitas skala nasional yang berupaya menjadi wadah penggerak yang peduli terhadap peranan dan potensi wanita. Komunitas ini bergerak di bidang pendidikan berkelanjutan bagi wanita sebagai wujud keinginan untuk berbagi dalam hal pembelajaran. Kegiatannya akan meliputi seperti seminar, workshop, literasi, forum diskusi, bakti sosial, serta event lainnya yang fun tetapi bermakna.

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194

  • Gunawan Tanuwidjaja ST., MSc (081221220842)
  • Regina Jokom, S.E., M.Sc., (Kepala Continuing Education Centre UK Petra-085735435200)