Press Release

Pementasan PLT UK Petra di hari Kartini, Karya Original Mengangkat Sosok Perempuan

13 April 2016

“Being me is never enough. I tried and I tried to be tough, but being you was a dream. And to mother I screamed, begging her in any way not just you, but to me to say ‘Ella, how are you today?’”

Itulah satu penggalan dialog sekaligus lagu dari pementasan drama semi-musikal berbahasa Inggris bertajuk Mother, How Are You Today?” produksi Petra Little Theatre (PLT) yang merupakan salah satu program unggulan Program English for Creative Industry (ECI) Universitas Kristen Petra (UK Petra), bekerjasama dengan Petra Players, komunitas teater alumni UK Petra. Pagelaran ini dibuka untuk umum selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 21-22 April 2016 pukul 17.00-18.15 WIB dan 23 April 2016 mulai pukul 14.00-15.15 WIB serta 18.00-19.15 WIB di Studio PLT-Gedung B lantai 2 kampus UK Petra Surabaya.

Pementasan ini dengan komposisi lagu dan musik original ini menyoroti relasi seorang ibu dengan kedua anak perempuannya dalam satu keluarga Tionghoa-Indonesia – bagaimana anak-anak perempuannya, Imel dan Ella, memaknai dan mempertanyakan kasih sang ibu serta posisi mereka masing-masing di mata sang ibu ketika beliau meninggal dan mewariskan toko jamunya. Dibalut dengan filosofi jamu, pementasan ini mengedepankan pencarian jati diri, nilai-nilai, cinta diri, serta rasa memiliki dalam diri seorang anak. Melibatkan 8 pemain yang terdiri dari 3 mahasiswa UK Petra dan 5 alumni UK Petra, pementasan ini akan berlangsung selama 1 jam 15 menit.

“Sejak menggagas program New Play Development (NPD) di tahun 2013, PLT berkomitmen memproduksi karya-karya asli anak bangsa. Ini adalah produksi ketiga yang lahir dari NPD. Selain naskah, kekuatan drama semi-musikal ini juga terletak pada komposisi lagu-lagu karya Christy Uktolseya, alumni UK Petra, serta dinyanyikan secara live oleh para pemain dengan musik pengiring yang juga live. Jadi originalitas benar-benar menjadi napas produksi ini,” ungkap Stefanny Irawan, S.S., M.A. selaku sutradara. “Karya ini juga mengisi ruang yang belum banyak digarap di dunia teater Indonesia, yaitu pementasan bertemakan perempuan, khususnya ibu dan anak perempuannya. Karena itulah kami memutuskan mengadakan pertunjukan perdana kami tepat di hari Kartini,” lanjut Stefanny.

Seni seharusnya dekat dengan kenyataan di masyarakat. Salah satu kenyataan keseharian kita adalah tentang kasih ibu yang sering dianggap timpang oleh anak-anaknya. Siapapun yang punya saudara pasti pernah merasa ibu mereka tidak adil, lebih menyayangi kakak atau adiknya. Tapi benarkah demikian, dan seperti apakah kasih sayang yang adil itu? “Saya tertarik mengangkat jamu karena jamu notabene sangat perempuan, bahkan beberapa merek jamu mengacu pada perempuan. Proses pembuatan jamu juga bisa ditarik menjadi filosofi kehidupan. Jadi ini pas dengan tema yang saya angkat,” urai Jessie Monika, S.S. selaku penulis naskah. Penasaran? Silakan mampir dan saksikan pementasan Preview Mother, How Are You Today?” hari Kamis, 14 April 2016 mulai pukul 12.00-14.15 WIB di Studio PLT-Gedung B lantai 2 kampus UK Petra Surabaya.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194

  • Stefanny Irawan, S.S., M.A. (081232842305 atau plt@petra.ac.id)

poster_plt2016