Press Release

Research Week dan Festival SL sambut Dies Natalis UK Petra ke-55

16 September 2016

Dalam dunia pendidikan, menghasilkan riset penelitian merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Akan tetapi, satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah mempublikasikannya untuk kemudian dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat. Menyambut Dies Natalis UK Petra ke-55, Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) UK Petra menggelar Research Week dan Festival Service Learning (SL) yang bekerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UK Petra. Acara ini digelar mulai hari Senin-Jumat, 19-23 September 2016 di kampus UK Petra, Surabaya.

“Mengambil tema Fostering Community Empowerment: Engaging Applied Research and Service-Learning, dua agenda ini diselenggarakan bertujuan untuk mendorong hasil-hasil penelitian, abdimas dan karya Service Learning (SL) dosen dan mahasiswa untuk terus dikembangkan dalam rangka membawa kemajuan nyata bagi pemberdayaan masyarakat dan bangsa. Semua kegiatan ini berfokus pada tiga penelitian UK Petra yaitu sustainable engineering, budaya & masyarakat, serta ekonomi kreatif”, urai Dr. Juliana Anggono selaku Kepala LPPM UK Petra. Research Week ini terdiri dari dua kegiatan yaitu seminar penelitian serta Research Talk dan pameran poster. Seminar penelitian ini akan dilaksanakan hari Senin, 19 September 2016 di Ruang Konferensi 4 Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra dengan menghadirkan E. G. Manurung, Ph. D selaku Ketua Badan Pengawas Forest Watch Indonesia sekaligus Penasehat Menteri Kehutanan tahun 2006-2009. Seminar pertama mengangkat tema Community Development in Toba – North Sumatera: Integrated Farming System with Zero Waste++ mulai pukul 10.00-11.30 WIB dan kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00-15.30 WIB dengan tema Pemanasan Global, Perubahan Iklim: Dampaknya terhadap Negara Kepulauan Indonesia dan Apa Respons Kita?. Sementara itu, hasil penelitian berupa poster dari masing-masing Program/Program Studi yang ada di UK Petra akan dipamerkan selama lima hari mulai tanggal 19-23 September 2016 mulai pukul 09.00 WIB di Atrium UK Petra. Sedangkan Research Talk akan dilaksanakan pada hari Jumat, 23 September 2016 di Ruang Konferensi 4 Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra menghadirkan dua pembicara internal yang akan sharing bagaimana hasil penelitian diarahkan menjadi Pengabdian Masyarakat. Kedua pembicara ini adalah Prof. Lilianny S. Arifin, Ph.D. selaku guru besar Program Studi Arsitektur UK Petra dan Dr. Willyanto Anggono selaku dosen Program Studi Teknik Mesin UK Petra.

“Festival of Service-Learning ini digelar untuk menyambut 6th Asia Pasific Regional Conference on Service-Learning (SL) yang akan digelar tahun depan. Kegiatan ini sendiri terdiri dari Mini Simposium, pameran karya SL dan Workshop”, ungkap Dr. Juliana Anggono yang juga mengajar di Program Studi Teknik Mesin UK Petra. Mini Simposium akan dilaksanakan hari Selasa, 20 September 2016 mulai pukul 13.30-16.00 WIB di Ruang Konferensi IV, Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra. Mendatangkan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen tersebut akan menghadirkan tiga pembicara yaitu Christine Wonoseputro, S.T., M.A.S.D. yang juga dosen dari Program Studi Arsitektur UK Petra, Felecia, S.T., M.Sc. merupakan dosen dari Program Studi Teknik Industri UK Petra serta Daniel Budiana, S.Sos., M.A merupakan dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra. Pameran karya SL yang dipamerkan mulai hari Selasa-Jumat tanggal 20-23 September 2016 di Atrium UK Petra itu akan menghadirkan produk-produk SL dari para dosen dan mahasiswa yang ada di UK Petra. Adapun produk-produknya seperti poster, foto, karya desain, buku, desain kemasan dan masih banyak lainnya. Workshop SL akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai hari Selasa-Jumat, 20-23 September 2016 di Ruang Konferensi IV gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra. Tiga hari workshop SL ini akan mendatangkan Judy Yeh., P.h.D berasal National Sun Yat-Sen University-Taiwan dengan tiga topik yang berbeda tiap harinya.