The Real Tax Agents, Ajak Mahasiswa dari 6 Provinsi Pahami Aturan Pajak secara Fun

Pajak merupakan salah satu penerimaan terbesar pemerintah Indonesia untuk kemajuan negara. Akan tetapi penerimaannya masih belum maksimal ini membuktikan bahwa rakyat Indonesia masih belum sadar akan pentingnya membayar pajak. Melihat fenomena ini maka Himpunan Mahasiswa Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya menggelar seminar dan Petra Tax Competition bertajuk The Real Tax Agents selama dua hari berturut-turut mulai hari Jumat-Sabtu, 11-12 Mei 2018 di kampus UK Petra jalan Siwalankerto 121-131, Surabaya.

Kegiatan tahunan yang terdiri dari dua agenda yaitu seminar dan kompetisi ini berhasil mengajak para mahasiswa dari enam provinsi yang ada di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Saat ini peserta mencapai 34 tim dengan tiga orang didalamnya. Hari pertama peserta akan mengikuti seminar yang nantinya akan dijadikan bahan untuk peserta jika lolos hingga babak final. Sedangkan di hari kedua, selama satu hari penuh akan diadakan kompetisi mulai babak penyisihan, babak semifinal hingga babak final”, urai Graciella Tanaya selaku ketua acara Petra Tax Competition 2018 ini. Hari pertama, Jumat (11/05) seminar akan dilaksanakan mulai pukul 14.00-16.00 WIB di gedung T lantai 5 ruang AVT. 503 kampus UK Petra Surabaya. Seminar ini menghadirkan B. Bawono Kristiaji dari Danny Darussalam Tax Centre di Jakarta. Beliau akan memberikan wawasan bahwa keterbukaan informasi bisa diakses oleh semua lembaga atau organisasi yang ada. “Termasuk salah satunya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sehingga tidak ada penggelapan atau penipuan pajak yang dilakukan oleh para pelaku wajib pajak. Itu artinya masyarakat tak perlu ragu untuk membayar pajak”, ungkap B. Bawono Kristiaji.

Hari kedua, Sabtu (12/05), para peserta akan menghadapi Petra Tax competition mulai pukul 09.00-17.00 WIB di gedung T lantai 5 ruang AVT. 502 kampus UK Petra dengan tema The Real Tax Agents dengan berbagai jenis kompetisi yang fun mulai dari mengerjakan soal secara pilihan ganda, esai, rally games, cerdas cermat hingga presentasi. Melalui tema yang diberikan, para mahasiswa dapat menjadi agen yang membawa perubahan bagi Indonesia khususnya di bidang perpajakan. Dengan kesadaran pajak yang tinggi, mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen pajak yang sebenarnya, yaitu konsultan pajak yang berkualitas kedepannya. “Materi lomba yang diberikan seputar perpajakan diantaranya Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pengetahuan umum pajak, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan lain-lain”, ungkap Retnaningtyas Widuri, S. Sos., MM., BKP., CMA selaku Ketua Program Studi Akuntansi Pajak UK Petra Surabaya.

Dalam babak pertama (penyisihan), peserta selama 90 menit diminta melewati proses pengerjaan soal secara pilihan ganda maupun esai. Setiap individu dalam tim akan diberikan 100 soal pilihan ganda dan 10 soal esai. Peserta diminta secara bersamaan mengerjakan soal tersebut dengan waktu yang telah ditentukan. Nilainya akan diakumulasikan di babak berikutnya. Kemudian pada babak dua (penyisihan), peserta selama 60 menit akan melakukan rally games dengan mendatangi pos-pos yang telah ditentukan dengan berbagai games diantaranya Battleship, Guess The Price, Fill The Blank dan lain-lain.

10 tim terbaik akan melangkah ke babak semifinal selama 90 menit dan babak final selama 60 menit. Babak semifinal, peserta akan menghadapi soal secara cerdas cermat dan lima tim dengan poin tertinggi akan lolos ke babak final. Peserta diminta membuat presentasi terkait dengan isu yang diberikan, dan nantinya akan dinilai oleh juri-juri yang kompeten di bidang perpajakan. Selain itu, peserta akan diminta untuk membuat slogan terkait perpajakan, akan ditampilkan sebelum melakukan presentasi. Slogan akan masuk sebagai salah satu aspek penilaian juri.

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : 2983190-3194

Graciella Tanaya (082143310330)