Press Release

UK Petra Peringkat Pertama Swasta Terbaik Perguruan Tinggi se-Indonesia

18 February 2016

Memasuki bulan kedua tahun 2016 ini, Universitas Kristen Petra (UK Petra) mendapatkan kabar yang membahagiakan. Berdasarkan informasi yang terdapat pada halaman website resmi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) mengenai hasil pemeringkatan, menetapkan bahwa Universitas Kristen Petra (UK Petra) sebagaierbaik peringkat ke-15 dari seluruh 3.320 Perguruan Tinggi di Indonesia yang dievaluasi, sekaligus menetapkan UK Petra sebagai perguruan tinggi swasta terbaik se-Indonesia. Berita menggembirakan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 492.a/M/Kp/VIII/2015 tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015 (http://ristekdikti.go.id/sk-klasifikasi-dan-pemeringkatan-perguruan-tinggi-di-indonesia-tahun-2015/).

Penilaian yang dilakukan oleh Kemenristek Dikti RI ini mencakup empat kriteria pada setiap perguruan tinggi di Indonesia yaitu Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Manajemen, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan serta Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kemenristek Dikti RI, skor total yang didapat oleh UK Petra mencapai 2.655. Wakil Rektor Bidang Akademik UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng, menyatakan kegembiraannya atas berita ini. “Segenap sivitas akademika UK Petra sangat gembira, bangga, sekaligus terharu mendengar kabar ini, sebab ini merupakan pengakuan dan konfirmasi dari Kemenristek Dikti RI atas kinerja, kualitas dan kerja keras seluruh keluarga besar UK Petra, dan keseriusan UK Petra dalam menjalankan panggilan dan pelayanannya di bidang pendidikan tinggi di Indonesia”, urai Prof. Djwantoro.

Pemeringkatan yang dilakukan setiap setahun sekali tersebut bertujuan memacu setiap Perguruan Tinggi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya supaya dapat bersaing dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi dari manca negara. Rektor UK Petra, Prof. Ir. Rolly Intan, M.ASc. Dr. Eng., menambahkan dan berjanji akan terus meningkatkan kinerja. “UK Petra tidak akan berpuas diri, prestasi dan penghargaan ini justru memberikan tanggung jawab yang besar bagi UK Petra untuk terus mengembangkan diri khususnya meningkatkan kualitas dosen, penelitian, tata  kelola dan mahasiswa, termasuk bagaimana mempersiapkan para lulusan agar semakin berperan dalam persaingan MEA. Salah satu program konkrit yang dilakukan adalah kerjasama internasional dengan perguruan tinggi luar negeri yang berkualitas semakin ditingkatkan agar para mahasiswa semakin mendapatkan banyak kesempatan berpartisipasi di berbagai program internasional baik yang diadakan di UK Petra maupun di luar negeri”.

 

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194