Press Release

UKM Catur UK Petra dan Percasi Gelar Petra Chess Competition 2016

28 April 2016

Olah raga Catur, sebuah aktifitas diatas papan berpetak sejumlah 64 ini banyak mengandung nilai seni dan ilmu. Mengapa? Sebab dalam olah raga yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia ini membutuhkan strategi kombinasi yang tepat dalam menentukan langkah kedepan agar dapat mengalahkan lawan. Mengambil tema in life, as in chess, forethought wins, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kembali menggelar Petra Chess Competition 2016 selama tiga hari berturut-turut hari Jumat-Minggu, 29 April hingga 1 Mei 2016 mulai pukul 13.00 WIB di East Atrium – Ground Floor Grand City Mall Surabaya, Jalan Walikota Mustajab.

 Permainan yang mengasah otak dengan cara menganalisa setiap situasi sebelum bertindak, itulah manfaat dari olah raga catur.  Kegiatan tahunan skala nasional ini mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Universitas dengan menggunakan sistem permainan Swiss Tournament. Kompetisi di tingkat mahasiswa berupa pertandingan dalam bentuk tim dengan beranggotakan 4 orang pemain setiap timnya. Khusus untuk kategori Universitas hanya boleh mengirimkan maksimal tiga tim saja. Sedangkan untuk masyarakat umum (SD-SMA) dilakukan secara individual. “PCC 2016 ini merupakan wadah bagi siswa Sekolah Dasar (SD) hingga mahasiswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam bermain catur sehingga diharapkan akan muncul bibit-bibit pemain unggul di bidang olahraga catur”, ungkap Oktavianus Filemon Tallo selaku ketua panitia PCC 2016 ini.

Bagi para peserta yang bermain secara tim di haruskan melewati 6 babak sedangkan untuk single melalui 7 babak. Tiap babaknya akan menghabiskan waktu 50 menit. Nantinya poin tiap babak ini yang akan dijumlahkan, peserta dengan poin terbanyak yang akan menjadi juaranya. Hingga saat ini para peserta yang sudah mendaftar untuk single kategori SD-SMP sejumlah 80 orang dan kategori SMA-Mahasiswa sebanyak 96 orang, sedangkan untuk team sudah sebanyak 44 team. Untuk tim akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 sedangkan untuk masing – masing kategori akan memperebutkan 5 pemenang. “Perlombaan ini dikelola secara profesional dengan cara perhitungan score sekaligus wasitnya berasal dari Percasi. Peserta yang mendaftarpun membludak untuk tahun ini, tercatat hingga 10 Provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Bali dan Kalimantan Timur. Uniknya di hari kedua (30/4) nanti, akan mendatangkan Roni Gunawan seorang Grand Master Catur (Internasional Master) yang akan menantang para peserta secara simultan yang artinya 1 lawan 12 orang”, tutup Filemon.

Informasi lebih lanjut hubungi :

  • Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Telp : (031) 2983190-3194

  • Oktavianus Filemon Tallo (Ketua PCC 2016) – 081335230247

Email : oktavianusfilemon13@gmail.com