Press Release

Video “Delivering Happiness” Sabet Best Director dalam GO-VIDEO Competition GO-JEK

26 May 2016

Yang muda yang berkarya. Kalimat singkat ini sesuai dengan aksi Bernadus Raka Aditya, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra), yang berperan sebagai managing director beserta timnya berhasil menyabet gelar best director dalam ajang bertajuk GO-VIDEO Competition dari GO-JEK pada 11 Mei 2016 yang lalu dengan membawa pulang hadiah piala dan uang sebesar 50 juta rupiah.

 Video berdurasi 8 menit ini telah mengalahkan 600 pesaing dari seluruh Indonesia dari berbagai kalangan. “Tujuan saya dan tim mengikuti lomba ini bukan mengejar hadiahnya akan tetapi kami mau Surabaya dilirik sebab Surabaya mempunyai potensi di dunia perfilman bukan hanya Jakarta saja,” ungkap Raka saat ditemui di kantor Humas UK Petra beberapa waktu yang lalu. Kompetisi yang diadakan oleh perusahaan transportasi GO-JEK ini mengambil tema “Indonesia Pilih Gojek” yang menghadirkan lima juri yaitu Joko Anwar, Mira Lesmana, Robin Moran, Ernanda Putra dan Keenan Pearce. Ada tiga kategori yang di lombakan yaitu kategori best video,best director,best viewer choice. Raka dan tim membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 bulan dalam mempersiapkan video ini. “Awalnya kami membedah tema yang diminta oleh GO-JEK terlebih dahulu, lalu kami menemukan benang merah bahwa GO-JEK ingin tetap dipilih di tengah-tengah banyaknya platform transportasi online serupa di Indonesia. Sedangkan, Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam latar belakang budaya, sosial dan kelas ekonomi. Berdasarkan hal ini kami menentukan bahwa thema sepakbola yang kami pilih akan menjadi instrumen dalam video ini,” rinci pria berkacamata itu. Uniknya, dalam pembuatan video berjudul Delivering Happiness tersebut tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

 Mengapa sepakbola? Sebab, menurut Raka dan tim, sepak bola adalah salah satu olah raga yang paling dekat dengan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. “Kami juga memasukkan unsur humanis di dalam video yang kami buat sehingga karakter dalam cerita video ini sangat kuat. Seperti hubungan kerinduan ibu pada anaknya, percintaan muda-mudi, kehidupan keluarga muda dan lain-lain. Di sinilah kami mencoba membawa kesan bahwa GO-JEK memang dibutuhkan, dekat dan layak dipilih oleh masyarakat Indonesia,” tutur Raka. Tim ini tidak hanya terdiri dari mahasiswa DKV UK Petra saja akan tetapi Raka juga mengajak partisipasi anak muda kreatif lainnya dari mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Unair, PENS dan alumni STIE Perbanas. Videonya dapat diliat di http://govideo.go-jek.com/top20/go-video-2016-delivering-happiness

Informasi lebih lanjut hubungi :

·  Humas & Informasi Studi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Telp : 8494830-31   psw : 3190-3193

  • Bernadus Raka Aditya (083831114681)